Tips Memperbaiki dan Merawat Komponen Panel Pintu Mobil

iklan bandungtoyota

Tips Memperbaiki dan Merawat Komponen Panel Pintu Mobil  | Kerusakan komponen panel pintu mobil dan cara memperbaikinya. Apa sajakah itu?

Kerusakan Doortrim

Pada mobil yang dilansir oleh pabrikan Jepang, pada umumnya menggunakan bahan plastik. Bahan tersebut memang tidak terlihat mewah, namun memiliki kekuatan yang baik.

Lain halnya untuk doortrim yang dimiliki oleh mobil yang dibuat oleh pabrikan Eropa. Beberapa model tidak menggunakan bahan plastik seutuhnya, namun ditambah dengan lapisan berbahan fabric atau leather untuk mempermanis tampilannya.

“Kerusakan yang sering terjadi justru pada mobil Eropa. Lapisan itu sering kali terbuka, karena usia pakai dan perbedaan suhu di Indonesia,” ucap Rochan dari Mustika Adi Wijaya, gerai spesialis interior.

Cukup susah mendapatkan lapisan original pada doortrim di mobil Eropa. Biasanya yang dilakukan pada bengkel spesialis interior, mengganti lapisan tersebut dengan bahan serupa dijual di pasaran.

“Biaya yang dibutuhkan untuk reparasi lapisan doortrim berbahan kulit sekitar Rp 900 ribu per panel, sedangkan bahan non kulit hanya Rp 400 ribu per panel,” jelas Rochan.

Kerusakan Karet Kaca

Karet kaca biasanya akan mengeras karena usia pakai kendaraan tersebut. Pada umumnya kerusakan itu terjadi ketika mobil telah berumur 5 tahun lebih.

Jika sudah begini, mau tidak mau Anda harus mengganti karet kaca tersebut. Selain dapat melukai kaca, karet kaca yang mengeras juga bisa merusak power window, karena kerja motor dan regulator menjadi lebih berat.

Untuk membuatnya lebih awet, kami sarankan untuk melakukan pelumasan yang rutin di bagian karet-karet kaca. Namun, jika keadaannya sudah mengeras, ada baiknya sang pemilik kendaraan segera mengganti dengan karet baru. Salah satu contoh karet kaca milik Toyota Avanza dihargai Rp 150 ribu per panel.

Kerusakan Power Window

“Kerusakan power window biasanya disebabkan beratnya beban motor power window dan regulator kaca. Sehingga ia mengalami kerusakan,” kata Wahyu, dari Madi Jaya Specialist Power Window. Semua itu tentu tidak lepas dari efek mengerasnya karet-karet kaca, sehingga kaca tidak berjalan dengan mulus.

Dimulai dari motor power window. Kerusakan pada motor power window tentu sulit untuk diperbaiki. Jika terjadi kerusakan pemilik kendaraan biasanya harus menggantinya.

“Harga motor power window berbeda-beda. Salah satu contoh di Toyota Yaris Anda membutuhkan budget sekitar Rp 2 juta untuk mengganti motor power window baru. Tetapi jika Anda ingin mengganti dengan motor copotan, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 800 ribu,” tambah Wahyu. Tapi tentu kondisi motor copotan sangat beragam sehingga tidak bisa dijamin.

Namun berbeda untuk kerusakan pada regulator. Regulator terbagi menjadi dua jenis. Anda yang menggunakan gigi dan tali baja untuk menggerakkan kaca.

Untuk regulator yang menggunakan gigi. Jika ia bekerja dengan keras, lambat laun gigi akan aus dan tidak mampu menaik atau menurunkan kaca. Sedangkan untuk regulator dengan sistem tali, kebanyakan masalah yang kerap terjadi tali baja tersebut putus. Untuk memperbaiki regulator, Anda hanya membutuhkan uang Rp 600 ribu.

Sumber

SIMULASI KREDIT TOYOTA
Simulasi Kredit
_____________________________________________________________________________
Atau anda bisa melakukan Tukar Tambah mobil secara langsung melalui form dibawah ini
Tukar Tambah
_____________________________________________________________________________
Atau kirim sms langsung dengan format : Tipe Mobil# Jumlah DP yang akan dimasukan# Tenor Kredit#Nama#Alamat Lengkap (Contoh: Toyota Avanza 1.5 G AT#70 juta#4 Tahun#Dany#Jalan Gatsu no 109 Bandung) kirim ke
081322212120
Kami akan segera mengirimkan Simulasi kredit secara rinci dengan tenor hingga 5 tahun.
Posted in Tips Trik and tagged , , , .