Ternyata Berbahaya Ban Mobil Sering Di Semir

Miliki mobil dengan tampilan bersih dan kinclong memang banyak menjadi keinginan dari para pengendara.

Mobil yang bersih tampilan dalam dan luar memang sangat enak dipandang dan lebih nyaman dikendarai.

Salah satu cara membuat mobil tampak bersih dan kinclong adalah dengan merawat bagian kaki-kaki seperti ban misalnya. Nah, biasanya banyak pengendara yang menggunakan semir ban untuk ciptakan tampilan bersih nan berkilau pada ban mobil ini. Meskipun memang dapat berikan tampilan yang lebih gres pada roda Anda, Namun ternyata penggunaan semir ban ternyata dapat berikan pengaruh buruk.

Apa ya kira – kira yang bikin semir ban ini berbahaya bagi ban mobil Anda ? dikuti dari laman viva.co.id, Jonny Anwar, pemilik Era Ban Service Station, di kawasan Otista, Jakarta Timur, menjelaskan tentang bahaya menyemir ban kendaraan.

Menurutnya menyemir kendaraan boleh saja, namun jika dilakukan dengan frekuensi waktu yang terlalu sering, dapat menimbulkan bahaya pada ban mobil Anda. “Yang pasti imbasnya warna ban akan menjadi lebih kusam dan belang, parahnya bisa retak-retak,” kata Jonny.

Jonny memberi saran agar para pengendara tahu jenis dan kandungan yang ada pada cairan semir yang ingin digunakan. Hal ini karena unsur kimia pada semir memang berbahaya buat ban. “Lebih baik enggak usah pakai semir ban, biarkan saja warnanya alami menjadi kusam. Sekali-kali boleh, tapi jangan keseringan,” katanya.

Terkait hal ini, Dodiyanto, Marketing Product Development produsen ban kenamaan di Tanah Air turut menambahkan,bahwa penggunaan semir ban justru akan mengurangi usia pakai.

Mengapa bisa begitu? Dody menerangkan bahwa dinding ban justru akan mengalami pecah-pecah yang bisa membuat efek ban jadi mudah bocor. “Kalau kita menganjurkan jangan semir ban usai dicuci, atau dalam kondisi apa pun,” kata dia.

“Boleh saja disemir asalkan yang mudah hilang jika disiram air, beberapa merek semir ban ada yang seperti itu,” tambahnya.

Lalu bagaimana cara terbaik untuk membersihkan ban mobil ya ? Dody menyarankan untuk menggunakan sikat biasa saja dalam membersihkan ban mobil. Dengan disikat dengan sedikit sabun colek, usia ban akan panjang umur meskipun tampilannya tidak sekinclong penggunaan semir.

Sumber Toyota

SIMULASI KREDIT TOYOTA
Simulasi Kredit
_____________________________________________________________________________
Atau anda bisa melakukan Tukar Tambah mobil secara langsung melalui form dibawah ini
Tukar Tambah
_____________________________________________________________________________
Atau kirim sms langsung dengan format : Tipe Mobil# Jumlah DP yang akan dimasukan# Tenor Kredit#Nama#Alamat Lengkap (Contoh: Toyota Avanza 1.5 G AT#70 juta#4 Tahun#Dany#Jalan Gatsu no 109 Bandung) kirim ke
081322212120
Kami akan segera mengirimkan Simulasi kredit secara rinci dengan tenor hingga 5 tahun.
Posted in Tips Trik and tagged , .