Ini yang Bikin Bensin Boros Saat Mengendarai Mobil

Ini yang Bikin Bensin Boros Saat Mengendarai Mobil | Di saat musim hujan seperti sekarang, mengendarai mobil pribadi tentu sangat membantu dalam beraktivitas. Tidak heran, saat hujan turun, kota besar seperti Jakarta akan cenderung macet karena lebih banyak mobil pribadi di jalanan.

Sayangnya, menggunakan mobil pribadi cenderung boros. Tanpa disadari, banyak pengeluaran tambahan karena hal-hal sepele yang jarang kita perhatikan sebelumnya. Setidaknya, ada 4 hal yang bikin kamu keluar lebih banyak uang saat mengendarai mobil. Berikut ini ulasannya, seperti dikutip dari Cekaja.com.

Dicurangi oknum SPBU

Meski tidak semua SPBU mencurangi pelanggannya, kamu tetap harus waspada. Sebab, faktanya, Pertamina pernah menindak sejumlah SPBU yang bermain curang. Akhirnya, saat mengisi bensin, pelanggan tidak mendapatkan kuantitas yang sesuai dengan harga yang telah dibayar.

Agar lebih waspada, ada sejumlah modus kecurangan di SPBU yang bisa kita antisipasi. Pertama, oknum nakal yang selalu menyetel kecepatan nozzel pada kecepatan tiga. Nozzle yang berfungsi sebagai corong menyalurkan BBM terdiri dari tiga kecepatan.

Makin tinggi kecepatan, maka makin tinggi pula campuran uap/ fluid pada minyak. Jika kamu pernah memperhatikan petugas SPBU mengunci kecepatan nozzle pada kecepatan terakhir saat mengisi minyak, segera minta yang bersangkutan untuk mengembalikan kecepatannya pada posisi pertama.

Sebab, meski argo pada tangki SPBU menunjukkan angka sesuai, minyak yang keluar dari nozzle lebih sedikit karena tercampur dengan uap. Kedua, selalu perhatikan argo saat mengisi BBM.

Karena malas, banyak pengemudi mobil yang tidak turun saat mengisi BBM. Jika kamu lengah, biasanya petugas SPBU akan berhenti memompa bensin di angka yang sudah ditekan sejak awal.

Selisih tersebut biasanya akan masuk kantong petugas karena pemilik SPBU hanya menghitung bensin yang keluar dari tangki dan bukan yang tertera pada argo. Terakhir, perhatikan meteran/ argo. Jika saat mengisi yang terlihat hanya garis garis angka atau malah berkedip-kedip, sudah bisa dipastikan SPBU tersebut sudah mengutak atik mesin.

Suka ngebut

Karena ingin segera sampai di rumah, melihat jalan tol yang lowong kamu langsung saja memacu mobil dengan kecepatan tinggi. Ternyata. tol yang kamu masuki tidak terlampau sepi sehingga kamus ering membuka gas dan mengerem mendadak.

Cara berkendara seperti ini dijamin boros bensin karena minyak akan lebih banyak memenuhi karburator.

Salah jam pulang

Lantaran tidak ingin terjebak macet saat jam pulang kantor, banyak orang memilih menunda jam pulang. Terlebih jika menggunakan mobil, bisa-bisa waktu tempuh kantor menuju rumah bisa dua kali lipat.

Pulang di malam hari pun jadi pilihan. Ternyata, begitu mobil meluncur di jalan, lalu-lintas justru lebih mecet. Selain rugi waktu, pastinya orang akan lebih boros karena lebih banyak bensin yang dihabiskan kendaraan dalam kondisi macet.

Menyetel pendingin berlebihan

Jika kamu berkendara di malam hari, apalagi dengan jarak tempuh yang pendek, sebaiknya matikan pendingin udara. Penggunaan AC secara berlebihan, apalagi saat macet akan menyebabkan bensin lebih boros. Jika tidak memungkinkan membuka jendela karena polusi udara, lebih baik atur temperatur pendingin secukupnya.(amr)

Sumber

SIMULASI KREDIT TOYOTA
Simulasi Kredit
_____________________________________________________________________________
Atau anda bisa melakukan Tukar Tambah mobil secara langsung melalui form dibawah ini
Tukar Tambah
_____________________________________________________________________________
Atau kirim sms langsung dengan format : Tipe Mobil# Jumlah DP yang akan dimasukan# Tenor Kredit#Nama#Alamat Lengkap (Contoh: Toyota Avanza 1.5 G AT#70 juta#4 Tahun#Dany#Jalan Gatsu no 109 Bandung) kirim ke
081322212120
Kami akan segera mengirimkan Simulasi kredit secara rinci dengan tenor hingga 5 tahun.
Posted in Tips Trik and tagged , , .